Tips cara membuat absen di google Classroom

Bekerja dan belajar dari rumah tidak mudah bagi siapa pun, terutama bagi guru dan dosen, merupakan tantangan yang besar. Sebagai salah satu pekerjaan paling interaktif di dunia, mengajar melibatkan komunikasi pribadi dengan hingga 30 siswa pada satu waktu. Lipat gandakan itu untuk semua kelas Anda, dan tidak jarang bekerja dengan beberapa ratus siswa setiap minggu.

Meskipun teknologi tidak pernah dapat menggantikan pengalaman fisik berdiri di depan ruang kelas atau ruang kuliah namun penggunaan tools pengajaran online, kolaborasi, dan video call juga sangat penting dan di perlukan. Terlebih pada masa lockdown atau pembatasan dan mengharuskan kita WFH.

Salah satu tools pendidikan online yang paling populer adalah Google Classroom. Google Classroom memungkinkan pengajar berbagi materi, menetapkan tugas, menilai tugas, dan memberikan masukan kepada siswa, semuanya dari satu platform terpusat.

1. Pilih Kelas Google Classroom

Jika anda sudah membuat beberapa Kelas untuk Google Classroom anda, maka pilih kelas terlebih dahulu

2. Pilih Tab ClassWork

Setelah dipilih, buka tab Classwork. Di sinilah Anda memberikan tugas dan pertanyaan.

Untuk membuat daftar hadir sangat sederhana

Tahap 1 : Di bagian Question, berikan judul misalnya Absensi tanggal berapa

Tahap 2 : Buat dan ajukan pertanyaan sederhana di bagian Instruction seperti; “Apakah kamu bergabung dengan pelajaran hari ini?” atau “Siapa yang hadir?”.

Tahap 3 : Tentukan jenis jawaban apakah Multiple Choice dengan opsi jawaban sederhana Ya atau Tidak atau Hadir atau Tidak Hadir. Bisa juga di pilih Short Answer dengan nama Siswa untuk pertanyaan “Siapa yang hadir?”

Tahap 4: Di bagian Points pilih Ungraded, karena untuk absensi tidak ada penilaian. Atau bisa juga point dibuat nilainya 1.

Tahap 5: Di bagian Due, pilih tanggal kapan batas waktu absensi

Tahap 6: Isi Topic dengan Absensi

Tahap 7: Dibagian pojok kanan atas di Schedule kita bisa menentukan kapan waktu schedule absennya akan direlease ke siswa atau mahasiswa anda.

Saat siswa menjawab ini, Anda akan secara otomatis menyimpan nama mereka sehingga memiliki catatan kehadiran permanen. Mudah, bukan?

Di bagian ini kita dapat mengatur tugas yang harus dilakukan siswa, mereka dapat mengajukan pertanyaan dan Anda dapat memberikan bimbingan.

Hal ini memungkinkan siswa untuk melakukan dialog pribadi dengan Anda. Siswa dapat mengambil foto pekerjaannya dan mengunggahnya sehingga Anda dapat memberikan umpan balik dan nilai.

Anda juga akan terupdate siapa saja yang hadir dalam kelas ataupun tidak hadir..

3. Membuat jadwal absen berikutnya

Kemudian untuk membuat absen kehadiran kelas berikutnya anda tidak perlu membuat dari awal, cukup gunakan Classwork yang sudah dibuat di awal. Caranya yaitu ke Classwork > +Create > Reuse Post, seperti berikut di bawah.

Mengajar jarak jauh, tidak harus sulit. Dengan langkah-langkah sederhana ini Anda dapat memiliki banyak pelajaran jarak jauh yang produktif dengan siswa Anda.

Jika Anda memiliki tips hebat lainnya, silakan beri komentar di bawah agar kita semua dapat mengambil manfaat darinya.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*