Tips beli dan memilih sepeda Online untuk pemula

Apakah anda Mountain bike pemula atau anda seorang yang hobi bersepeda trek jalanan dan ingin mencari tantangan off-road. Penting bagi anda untuk mengetahui sepeda gunung yang tepat. Berikut di bawah ini tips-tips memilih sepeda yang sempurna untuk siap digunakan dalam jejak perjalanan anda.

  1. Gunakan ukuran yang tepat. Pastikan anda menggunakan ukuran sepeda yang tepat.
  2. Pilih ukuran roda. Untuk sepeda MTB gunakan roda diameter roda  di 27.5 (650b, agresif dan menurun) atau 29 di (XC dan trail). .
  3. Pilih hardtail atau full-susspension. Shock belakang, bantalan, linkage dan semua bagian dari suspensi membutuhkan biayanya tidak sedikit. Akibatnya, Anda cenderung mendapatkan spesifikasi bagian hardtail yang lebih baik daripada full – suss pada harga yang sama. Di sisi lain, kualitas full suss sekarang lebih advance daripada model-model sebelumnya, sehingga lebih menguntungkan.
  4. Jangan hanya perhatikan tentang berat. Berat sepeda faktor yang penting untuk diperhatikan, tetapi untuk off-road, kekuatan jauh lebih penting.
  5. Berhati-hatilah dengan pernak-pernik mencolok. Jangan tertipu oleh mech belakang yang terlihat bagus (derailleur).  Design yang bagus memang akan menaikkan harga jual kembali dari sepeda. Memperhatikan kualitas Mech penting, tetapi perhatikan juga shifter dan cranksets. Usahakan juga chainrings tidak terlalu jauh di belakang. Berhati-hatilah bahwa komponen dengan spec lebih rendah biasanya lebih berat dan lebih sederhana.
  6. Pilih suspensi kualitas, bukan kuantitas. Periksa review dari garpu dan guncangan (di full suss) pada sepeda Anda. Kualitas redaman dan pegas udara yang layak akan membuat anda lebih nyaman untuk melakukan perjalanan yang lebih jauh.

Untuk safety bersepeda gunung jangan lupa gunakan helm trail yang lebih kuat. Mungkin anda perlu ransel untuk membawa baju ganti dan persediaan makanan atau minum. Jangan lupa gunakan kacamata, selain buat bergaya juga untuk melindungi dari sinar matahari. Dan juga sepatu khusus sepeda gunung, dan clipless pedal.

Anda juga mungkin harus menggunakan ban baru sesuai dengan aplikasi trayek di perbukitan dan jalan berbatuan. Untuk ban dapat menggunakan yang lebih keras. Atau mungkin juga menyempurnakan gearing dan menyesuaikan bentuk dan ukuran kokpit Anda.

Tipe dan Kategori Sepeda sesuai dengan aplikasinya

Dilansir dari polygonbikes.com berikut di bawah Kategori dan Tipe dari sepeda sesuai dengan aplikasinya.

Kategori sepeda

  • MTB: sepeda gunung yang multifungsi untuk medan offroad, jalan berbatu, dan lintas alam.
  • Road : sepeda balap yang ringan dengan ban licin untuk jalan raya, tidak untuk offroad dan jalan berbatu.
  • Urban : sepeda untuk pemakaian sehari-hari di dalam lingkungan perkotaan. Terdiri dari Citybike, Speed utility bike, Hybrid bike, Sepeda lipat , dan sepeda tandem
  • BMX / Dirtjump : sepeda yang digunakan untuk atraksi lompatan tinggi atau di bikepark.
  • Youth : sepeda untuk remaja dan anak-anak. Terdapat varian Road bike, MTB dan sepeda khusus anak-anak.

Tipe Sepeda:

  • Gravity : sepeda gunung (MTB) yang didesain untuk olahraga menuruni gunung (downhill) dengan kecepatan tinggi.
  • Trail : sepeda gunung (MTB) yang digunakan untuk menjelajah medan offroad khususnya terjal dan berbatu. Terdapat dua varian yaitu dengan suspensi tengah dan tanpa suspensi tengah.
  • Enduro : sepeda gunung (MTB ) yang didesain untuk menjelajah medan-medan offroad yang cukup ekstrem di pegunungan atau diluar perkotaan.
  • XC Race : sepeda gunung (MTB) yang didesain khusus untuk medan crosscountry dengan frame yang ringan dan mengutamakan kecepatan dalam berkendara. Tersedia dalam dua varian yaitu dengan suspensi tengah dan tanpa suspensi tengah
  • XC Sport : sepeda gunung (MTB) yang didesain mengikuti XC race. Sepeda jenis ini dibanderol dengan harga yang lebih terjangkau dan tetap tangguh untuk menjelajah medan cross country.
  • Leisure : sepeda gunung (MTB) yang didesain dengan posisi duduk yang lebih tegak demi kenyamanan berkendara. Sepeda ini dapat digunanakan multifungsi baik di offroad maupun perkotaan.
  • Women : sepeda gunung (MTB) yang didesain khusus untuk pengendara wanita dengan berbagai kelebihan untuk memudahkan wanita. Jangkauan kemudi yang lebih dekat. Desain yang mudah untuk naik turun sepeda. Kontrol kendali yang aman untuk wanita.
  • Race: sepeda balap (road race) yang didesain khusus untuk performance tinggi pada kecepatan saat kompetisi. Kokoh, ringan dan responsif untuk para pecinta kecepatan.
  • Endurance: sepeda balap (road race) yang didesain khusus dengan posisi duduk yang lebih tegak. Memberikan kenyamanan saat melakukan perjalanan yang lebih jauh dalam touring
  • Flatbar : Sepeda balap (road race ) yang didesain khusus dengan handlebar yang lurus agar posisi berkendara dapat lebih tegak sehingga nyaman.
  • Hybrid : Sepeda khusus yang didesain dengan geometri frame sepeda gunung (MTB). Namun menggunakan roda 700C seperti halnya sepeda balap (road race). Sepeda ini menawarkan pengalaman baru berkendara di perkotaan dengan kenyamanan dan kecepatan yang sesuai dengan medannya.
  • Speed Utility bike (SUB) : sepeda untuk perkotaan yang gaya dan minim perawatan. Dilengkapi dengan belt sebagai pengganti rantai serta internal gear akan mengurangi kebisingan saat berkendara dan tentunya bebas perawatan.
  • City : sepeda yang paling banyak digunakan di perkotaan atau perumahan. Dilengkapi accessories seperti keranjang, lampu, dan carrier belakang. Sepeda citybike tipe Sierra menjadi pilihan terutama untuk komuter jarak dekat dan aktivitas sehari-hari. Terdapat pula seri Zenith yang penuh gaya dengan ban 700C , Belt drive sebagai pengganti rantai.
  • Tandem : sepeda unik yang didesain khusus untuk dua pengendara sekaligus. Sangat cocok untuk bersepeda di taman rekreasi atau di sekitar perumahan bersama pasangan atau keluarga tercinta.
  • Folding : sepeda lipat yang praktis dan inovatif bagi yang bermobiltas tinggi. Dapat dilipat dan disimpan dalam space yang terbatas sehingga pengalaman sepeda anda menjadi tak terbatas tempat manapun.
  • Dirt Jump : sepeda yang didesain khusus untuk melakukan atraksi lompatan tinggi. Dilengkapi dengan frame yang kokoh untuk meredam benturan saat sepeda kembali menyentuh tanah.
  • Freestyle : sepeda BMX yang didesain khusus untuk melakukan atraksi di medan datar di sekitar rumah, jalanan atau bike park. Dilengkapi dengan frame dan fork yang kokoh serta rim double wall 20” untuk menghadapi tantangan apapun.
  • BMX Race: sepeda BMX yang didesain khusus untuk race! Dengan material ALX yang ringan akan membawa anda ke podium dalam setiap lomba.
  • Road (Youth bikes) : sepeda balap (road race) yang didesain khusus untuk junior racer dengan frame ALX yang ringan dan roda 24. Desain ruang kendali yang pas untuk stabilitas pengendalian dengan kecepatan tinggi.
  • MTB (Youth bikes) : sepeda gunung yang didesain khusus untuk junior rider. Tersedia dalam ukuran 24” dan 20” sesuai tinggi badan anak.
  • Kids (Youth bikes) : sepeda pemula bagi anak-anak umur 5-6 tahun agar mulai mencintai sepeda

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*