8 langkah panduan membuat blog bagi pemula dan hasilkan uang dari adsense local

Adztekno.com – Bagi anda yang masih baru di dunia Blogging mungkin bertanya-tanya bagaimana membuat blog yang baik? Di postingan ini saya akan sedikit berbagi tentang bagaimana memulai sebuah blog.

Baru di pertengahan tahun 2018 saya menjejakan kaki di dunia digital. Waktu itu saya tidak tahu apa itu hosting, beda antara WordPress blog dan platform lain, tema dll. Saya mulai banyak membaca artikel dari mastah lokal maupun luar. Dan selama berminggu-minggu melakukan research tentang niche, perusahaan web hosting terbaik, tema yang baik untuk monetisasi dll.

Dan berikut ini saya membagikan 8 langkah mudah untuk membuat sebuah blog. Di buat sesimpel mungkin biar mudah dipahami.

  1. Memilih niche untuk Blog
  2. Memutuskan platform blog
  3. Menentukan web hosting yang terbaik
  4. Memilih dan membeli nama domain dan web hosting
  5. Menginstal WordPress
  6. Memilih tema terbaik
  7. Install Pluggins
  8. Mulai  menulis konten

1. PILIH NICHE UNTUK BLOG 

Ini adalah langkah penting yang perlu dipertimbangkan sebelum mulai menulis. Tips pertama pastikan blog yang akan dibuat tentang sesuatu yang anda sukai. Ngeblog butuh pasion dan keuletan jangka panjang. Kalau menulis sesuatu yang kita suka, pasti bisa menulis banyak topik dan tidak cepat bosan.

Selanjutnya pastikan pembaca terlibat dengan topik yang anda pilih, meskipun itu butuh waktu.

Blog tentang sesuatu yang orang lain mendapat manfaat akan memiliki banyak ruang untuk diskusi di dunia internet.

Jadi anda perlu melakukan riset niche yang menarik. Cari tahu informasi apa saja yang orang-orang cari dan pelajari lebih lanjut tentang itu. Makin dalam dan spesifik niche anda semakin bagus.

Kita akan menemukan banyak orang menulis tentang topik yang sama. Jangan khawatir, kita bisa menambahkan nilai lebih dari yang orang lain buat. Atau bisa juga menulis dari sudut lain yang lebih unik.

Tulis konten dengan bahasa sendiri dan jangan copy paste konten milik orang lain. Konten yang tidak unik, akan sulit bersaing di page one google.

2. Putuskan platform blogging Anda

Untuk bisa menulis di blog, anda perlu blogging platform. Awal pertama kali ngeblog saya menggunakan platform yang paling mudah dipahami dan free, yaitu Blogger.

Ada banyak platform blogging seperti WordPress, Blogger, Wix, Weebly dll. Diantara semuanya, WordPress adalah platform terbaik dan paling populer digunakan. WordPress digunakan oleh lebih dari 60 juta situs web tahun 2018. Tersedia tema dan plugin lebih dari 55.000 yang bisa digunakan di Wordpress.

Ada dua jenis WordPress platform. Host-WordPress.com: Ini adalah platform gratis tetapi  potensi pendapatan Anda akan terbatas. Host-Wodpress.org: Platform berbayar tetapi memberikan keleluasaan lebih dalam blogging.

Sebaiknya gunakan situs Self-host wordpress.org jika blog anda akan dimonetize atau menjadikan blog ke tingkat berikutnya, buat web bisnis toko online misalnya .

3. Menentukan web hosting yang terbaik

Anda sudah memilih blogging platform, namun juga perlu memiliki web hosting. Anda membutuhkan sebuah perusahaan hosting untuk memberi anda ruang server. Dengan kata lain, hosting adalah seperti menyewa ruang di web untuk menampilkan blog Anda.

Saya sangat merekomendasikan menggunakan Domainesia yang saya gunakan secara pribadi untuk website saya.

Domainesia adalah penyedia web hosting dengan harga yang sangat terjangkau. Tersedia beberapa paket yang disesuaikan dengan kebutuhan anda. Gratis domain ketika anda melakukan pembelian hosting. Domainesia juga menyediakan sertifikat SSL gratis. Fitur mengagumkan ini membuat situs web Anda aman dan dapat membangun kepercayaan dengan pengunjung Anda.

Anda dapat menggunakan satu Hosting account untuk meng-host beberapa domain. Jadi tidak perlu membayar lebih untuk beli hosting. Dan bisa menambahkan Sub Domain sesukanya. Pelayanan via Whatsapp atau contact layanan pelanggan juga cukup baik.

Penyedia web hosting lokal lain yang recommended menurut saya ada: Dewaweb dan Niagahoster

4. PILIH DAN MEMBELI NAMA DOMAIN DAN WEB HOSTING

Untuk domain pikirkan sesuatu yang pendek, unik, mudah diingat dan mewakili bisnis atau niche blog anda. Anda bisa mencoba nama domain anda apakah tersedia atau tidak di website penyedia web hosting.

5. Menginstall WordPress

Setelah anda membeli hosting dan domain. Hal pertama yang dilakukan adalah add domain. Caranya login ke web hosting anda.  Kemudian ke services,  klik domain lanjut ke overview. Cari Addon Domain untuk menambahkan user, password untuk akses ke domain anda. Sebaiknya gunakan alamat https://nama domain.

Proses setelah itu  install wordpress ke domain yang sudah anda buat. Caranya login ke web hosting,  ke services dan klik di nama hosting. Kemudian ke acces dan login to Cpanel. Di Cpanel  cari Softaculous apps installer untuk menginstall WordPress. Nanti akan ada pilihan WordPress akan diinstall di domain apa jika anda punya lebih dari satu domain.

6. Memilih tema terbaik

Tahap selanjutnya setelah WordPress berhasil di install adalah anda login ke alamat url sbb : https://nama domain/wp-admin. Masukan Login username dan password yang sudah dibuat sebelumnya. Sebaiknya sebelum posting tulisan adalah memilih tema terbaik. Pastikan tema yang dipilih sesuai dengan blog yang anda buat,  responsif, simple, fast dan Seo friendly.

7. Install Plugins

Selain itu yang penting juga adalah install beberapa plugins yang akan mendukung kinerja blog anda. Berikut rekomendasi plugins terbaik yang bisa diinstall di WordPress secara free biar Blogging lebih efektif:

  1. Google XML sitemaps – untuk membuat sitemap blog
  2. Yoast SEO – untuk optimasi SEO di konten dan keyword
  3. Jetpack – Salah satu plugin yang populer, berguna untuk filter Spam, Scan Malware dan proteksi serangan
  4. Easy Social Sharing – Plugin yang memungkinkan pembaca dapat men-share website atau postingan keren anda ke media sosial, seperti Fb, Twitter dsb
  5.  Akismet – Sebuah plugin anti spam yang berguna untuk menyaring semua komen dan contact form yang disubmit dari konten yang membahayakan.
  6. User Registration – Plugin ini digunakan agar pembaca bisa log in ke blog website anda.
  7. WP Fastest Cache – Mempercepat loading Blog
  8. Autoptimize – Memperkecil ukuran HTML, CSS dan JS

8. Mulai menulis konten dan Posting

Setelah semua siap, anda bisa menulis konten. Rencanakan konten apa yang akan ditulis. Pikirkan suatu yang bermanfaat dan bisa menjadi informasi buat orang lain.

Search 3 sampai 5 artikel dengan topik yang sama diinternet untuk jadi bahan inspirasi, kemudian tuliskan dengan bahasa sendiri.

Tipsnya cari konten yang evergereen dan fokus pada topik yang lebih sempit. Semakin unik dan dalam bahasan topik makin baik. Untuk menggali topik lebih dalam satu konten idealnya berisi kurang lebih 2000 sampai 2500 kata.

Satu post yang sarat dengan isi, dan unik akan lebih baik dalam hal Google indeks dibandingkan puluhan posting yang umum dan tidak dalam bahasannya.

Hal yang penting juga gunakan gambar pilihan dalam setiap postingan, karena pembaca suka konten yang menarik. Gambar free bisa anda ambil dari stocksnap.io, pexels.com, unsplash.com, reshot.com, pixabay.com dan gratisography.com dsb.

Terakhir jangan lupa tentukan kategori dan Tags di postingan ya.

Demikian 8 tips membuat blog. Selanjutnya anda bisa pelajari bagaimana meningkatkan pengunjung, SEO dan menghasilkan uang dari blog yang salah satunya menggunakan Google adsense. Semoga bisa menginspirasi..

Baca juga:
10 Tips dan Trik mendapatkan Goggle Adsense Approval dengan Blog baru
admin

About the author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

RSS
Follow by Email
Facebook
Twitter
YouTube
Pinterest
Instagram