7 buku motivasi best seller untuk pengusaha sukses Bahasa Indonesia

Adztekno.com – Terkadang dalam menjalani hidup ada kalanya naik dan turun. Pada perjalanan hidup terkadang kita bisa menggapai titik tertinggi namun adakalanya mencapai titik terendah.

Hidup menjadi sedikit lebih sederhana ketika Anda menerima bahwa saat kita mengejar tujuan, pasti akan ada tantangan dan hambatan di sepanjang jalan. Inilah sebabnya mengapa kita butuh inspirasi, seperti buku motivasi agar selalu semangat. Selain itu kita bisa mengambil pelajaran dari kesuksesan orang lain.

Buku-buku motivasi berikut dipilih karena dapat memenuhi kebutuhan Anda. Buku-buku ini akan menantang Anda untuk mempertanyakan perspektif Anda saat ini dan tumbuh dengan cara yang tidak terduga.

1. BUKU RAHASIA MAGNET REZEKI

Buku yang ditulis oleh pak Nasrullah ini merupakan bukti nyata dari magnet rezeki dari perjalanan hidup beliau. Ia adalah wirausahawan sukses. Sejak Maret 2006 ia menjadi developer property dengan brand The Orchid Reality. Buku ini menceritakan pengalaman beliau dari sejak merintis usaha beliau dari nol sampai sukses. Buku ini juga mengajarkan tentang bagaimana mindset yang harus kita bangun untuk mendatangkan rezeki.

Dalam bahasa Nasrullah rezeki bisa ditarik oleh magnet. Untuk menarik rezeki yang beterbangan di sekitar kita, yang kita butuhkan adalah magnet yang bisa menariknya

Dalam buku ini beliau menceritakan bahwa untuk menginginkan sesuatu seseorang harus menggambarkan dalam benaknya, diulang-ulang layaknya sebuah proyektor untuk agar tercapai cita-citanya tersebut

Seperti yang ia praktekkan saat ia mengidamkan punya lahan untuk memulai bisnis properti. Lahan yang ia incar ternyata hendak dijual si empunya. Segala urusan jual-beli juga seakan dimudahkan.  

Dalam terminologi self improvement dikenal hukum The Law of Attraction alias hukum daya tarik-menarik. Hukum ini menyatakan, “Sesuatu akan menarik pada dirinya segala hal yang satu sifat dengannya.”

Selain itu konsep Magnet rezeki ini bukan sekedar kita mencari rezeki tapi lebih lanjut lagi bagaimana kita bisa menjadi magnet rezeki. Jadi rezeki yang datang menghampiri kita.

Buku ini juga membahas hal-hal yang harus dihindari karena akan menghambat rezeki seperti berfikiran negatif dan suúzhon dari lubuk hatinya. Setiap pikiran adalah doa. Jika berpikir negatif maka yang serba negatif yang akan terwujud. Ini artinya, nasib kita lahir dari proyeksi pikiran kita. Kamu yang tadinya akan dapat rezeki, malah tak jadi dapat rezeki.

Apa saja positive mind yang harus dikembangkan untuk menarik rezeki?..Selengkapnya bisa dibaca dalam buku ini. Buku ini layak di baca dan cocok bagi mereka yang ingin sukses dalam mendatangkan rezeki.

2. Buku 7 Keajaiban Rezeki & Percepatan Rezeki

Buku karangan Ippho Santoso ini merupakan buku yang membahas 7 langkah ajaib untuk mempercepat datangnya rezeki. Disajikan dengan pendekatan-pendekatan islami dan otak kanan. Katanya

Ippho dalam bukunya seolah-olah bicara langsung dengan pembaca dengan bahasa-bahasa yang sangat mudah dipahami dan sedikit humor. Ketujuh langkah-langkah itu bisa disebut percepatan-percepatan, lompatan-lompatan, ataupun keajaiban-keajaiban, berikut di bawah 7 langkahnya:

  1. Sidik Jari Kemenangan (Lingkar Diri)
  2. Sepasang Bidadari (Lingkar Keluarga)
  3. Golongan Kanan (Lingkar Diri)
  4. Simpul Perdagangan (Lingkar Sesama)
  5. Perisai Langit (Lingkar Diri)
  6. Pembeda Abadi (Lingkar Diri)
  7. Pelangi Ikhtiar (Lingkar Diri)

Masih menggunakan gaya bahasa khas pemilik dari pola fikir otak kanannya, buku ini sangat enak dibaca. Selain kualitas bukunya yang memang benar-benar dahsyat. Testimoni dari orang-orang yang telah mengamalkan 7 Keajaiban Rezeki juga bejibun. Dan bonus-bonus yang diberikan juga sangat bernilai mahal sehingga sangat memotivasi.

Di bagian akhir buku ini, ada point “apa yang harus dilakukan sekarang”. Maksudnya setelah membaca ada panduan untuk langsung action.

Percepatan Rezeki dalam 40 Hari Dengan Otak Kanan

Ini adalah buku lanjutan dari buku bestseller 7 Keajaban Rezeki. Pak Ippho dalam buku ini memaparkan kenapa banyak orang berhasil mendapatkan apa yang mereka inginkan secara finansial setelah membaca buku 7 Keajaiban Rezeki.

Keajaiban Ke-8 adalah yakin, yakin, yakin, yakin, yakin, yakin, yakin, dan yakin bahwa Tuhan Maha Kuasa, dan tiada suatu hal pun yang mustahil bagi Nya. Termasuk keajaiban-keajaiban yang didapatkan para pembaca buku 7 Keajaiban Rezeki.

Buku ini akan menunjukkan bagaimana mempercepat datangnya rezeki. Anda boleh menyebutnya percepatan-percepatan, lompatan-lompatan, atau keajaiban-keajaiban. Terserah Anda. begitulah intinya. Apakah itu terkait keuangan, kesehatan, impian, prestasi, hubungan, jodoh, atau apa saja

3. Satu Keluarga Satu Pengusaha

Buku karangan pak Valentino Dinsi ini sangat inspiratif dan wajib di baca bagi Entrepreneur yang baru merintis atau yang mau mengembangkan bisnisnya. Buku ini meyakinkan pembacanya bagaimana berhasil untuk tidak menjadi orang gajian. Melawan yang dianggap sudah mapan, dalam istilahnya Creative destruction, salah satu karakteristik wirausaha.

Di dalam buku ini, terdapat beberapa bagian sbb:

Bagian 1. Hidup di Zone Nyaman

Menjelaskan pengalaman hidup Valentino dinsi dari sejak kecil sampai beliau mencapai karir tertinggi di direktur PT Garuda Indonesia. Di saat punya gaji yang lumayan besar saat itu dan karir yang mapan, dengan keberaniannya beliau mengambil pensiun untuk meniti bisnis.

Bagian 2. Selamat datang di Zone Entrepreneur

Menjelaskan alasan mengapa menjadi Entrepreneur, orang terkaya dunia itu para entrepreneur, dan tren entrepreneur di dunia global

Bagian 3. Entrepreneur Langkah demi langkah

Menjelaskan 4 formula mudah berbisnis ala Valentino dinsi, 8 cara bisnis tanpa modal, Bagaimana me-leverage bisnis anda 5-300% dalam waktu 5 bulan, Strategi bersaing, membangun tim, membangun Sistem dan teknologi. Dan yang tak kalah penting dibahas apa itu digital marketing dan cara melakukan Digital marketing dengan baik.

Bagian 4. Kisah sukses para Entrepreneur yang harus anda tiru

Cerita tentang kesuksesan pengusaha lokal dan global bagaimana membangun bisnis mereka dari nol sampai menghasilkan kerajaan bisnisnya. Di sini banyak hal yang bisa dipelajari dan ditiru, seperti bagaimana ketekunan mereka dalam menjalani bisnis. Tidak hanya tahu suksesnya saja tapi juga kegagalan maupun kesulitan-kesulitan yang mereka alami.

Bagian 5. Just Do It

Bagaimana step untuk take action sekarang juga dan bagaimana siap gagal serta antisipasinya.

Bagian akhir terdapat Lampiran berupa ide-ide bisnis bernilai jutaan dollar.

4. Rich Dads Cashflow Quadrant 

Seperti yang kita ketahui Robert T. Kiyosaki telah menerbitkan buku yang sangat fenomenal Rich Dad dan Poor Dad. Dalam buku Cashflow Quadrant kali ini Kiyosaki akan menjelaskan Rich Dad’s CASHFLOW QUADRANT yang mengungkap bagaimana sejumlah orang bekerja lebih sedikit, menghasilkan lebih banyak uang, membayar pajak lebih rendah, dan belajar menjadi orang yang memiliki kebebasan keuangan.

Sesuai dengan judul bukunya, yang menjadi topik utama dalam pembahasan buku ini adalah Kuadran Cashflow, dimana penulis membagi kuadran tersebut menjadi empat bagian. Keempat kuadran tersebut mempunyai karakteristik yang berbeda satu sama lain. Untuk mempermudah pembagian kuadran tersebut, penulis membuat diagram yang saya capture seperti gambar di bawah ini.

Dari diagram di atas, terdapat dua kuadran di sebelah kiri, yaitu kuadran E dan S, dimana E adalah employee (karyawan) dan S adalah small business atau self-employed (pemilik usaha kecil atau pekerja mandiri) dan dua kuadran di sebelah kanan, dimana B adalah business owner (pemilik bisnis) dan I adalah investor (pemodal).

Kuadran E adalah sekelompok orang yang bekerja pada suatu instansi atau lembaga atau perusahaan atau entitas atau korporasi untuk menjalankan sistem bisnis suatu badan usaha tersebut yang telah berjalan. Contoh: karyawn Bank, karyawan produksi, dan lain-lain. Mereka yang ada di kuadran ini memperoleh penghasilan dari gaji atau upah, pada umumnya setiap bulan. Kuadran S adalah mereka yang menjalankan bisnis mereka sendiri atau pekerja mandiri untuk mereka kerjakan sendiri yang menuntut skill khusus yang tidak dapat didelegasikan kepada orang lain. Contoh: dokter yang membuka praktik sendiri, guru senam, dan lain-lain. Mereka yang ada di kuadran ini memperoleh penghasilan dari jasa yang mereka berikan kepada klien. Mereka yang bekerja, baik di kuadran sebelah kiri E dan S sama-sama menuntut kehadiran mereka untuk memperoleh penghasilan secara aktif.

Kuadran B adalah mereka yang mempunyai bisnis, mempunyai karyawan, membuat sistem bisnis, dimana sistem tersebut dijalankan oleh karyawan-karyawan mereka. Mereka mempunyai aset, seperti gedung, investasi, karyawan yang kompeten, dan lain-lain. Mereka memperkerjakan mitra yang handal untuk memajukan sistem. Mereka memperoleh penghasilan dari laba bisnis yang dijalankan.

Kuadran I adalah mereka yang mempunyai capital atau modal untuk mengembangkan sistem bisnis orang lain. Contoh investor saham, obligasi, dan lain-lain. Mereka memperoleh penghasilan dari return atas modal yang diinvestasikan. Mereka yang memperoleh penghasilan dari kuadran sebelah kanan (kuadran B dan I) tidak menuntut kehadiran mereka secara aktif. Mereka masih memperoleh passive income.

Buku ini membahas apa yang diperlukan untuk menjadi B dan I. Buku ini dibagi menjadi tiga bagian, antara lain:

Bagian Pertama

Di bagian ini berfokus pada perbedaan inti antara orang-orang di keempat kuadran. Dijelaskan alasan mengapa orang tertentu cenderung menempati kuadran tertentu dan sering kali terjebak di sana tanpa menyadarinya. Bagian ini akan membantu Anda mengetahui di mana Anda saat ini dalam kuadran dan di mana Anda ingin berada lima tahun mendatang.

Bagian Kedua

Pada bagian ini menceritakan tentang perubahan pribadi. Lebih tentang siapa diri Anda seharusnya daripada apa yang harus Anda lakukan.

Bagian Ketiga

Bagian ketiga buku ini memaparkan cara mencapai kesuksesan di sisi kanan Kuadran Cashflow. Penulis akan berbagi lebih banyak rahasia Ayah Kaya tentang keterampilan yang dibutuhkan untuk menjadi B dan I yang sukses. Bagian ini akan membantu Anda memilih jalan Anda sendiri menuju kebebasan keuangan.

Dari penjelasan singkat di atas, pertanyaannya adalah ada di kuadran manakah Anda saat ini? Dalam buku ini, Robert T. Kiyosaki menyarankan kepada pembaca untuk mencapai kebebasan finansial. Anda seharusnya berada di kuadran kanan B dan I. Tetapi jika Anda, sekarang berada di kuadran kiri E dan S, itu tidak menjadi masalah. Anda tetap bisa menjalankan aktifitas Anda sebagai seorang karyawan ataupun pekerja mandiri. Anda juga masih tetap bisa mengurus bisnis Anda sendiri secara bersamaan. Intinya adalah membangun kolom aset secara kukuh. Aset inilah yang nantinya akan menghasilkan penghasilan secara pasif.

Buku ini sangat direkomendasikan untuk Anda yang mempunyai tekat untuk hijrah dari kuadran kiri E dan S menjadi kuadran kanan B dan I. Buku ini juga cocok bagi Anda yang ingin memulai mengurus bisnis sendiri ataupun berinvestasi pada aset tanpa harus beralih kuadran. Secara personal, buku ini mampu mengisi otak saya. Buku ini mampu membuka mindset saya bagaimana untuk menyikapi uang, mengendalikan cash flow, solusi mencapai kebebasan finasial, dan masih banyak lagi. Salah satu nasihat ayah kaya yang saya sukai adalah ketika manusia ditawari uang yang lebih banyak maka mereka akan terus meningkatkan pengeluaran mereka.  Pola mereka adalah bangun, bekerja, membayar tagihan; bangun, bekerja, membayar tagihan. Pola yang demikian disebut “balap tikus”.

Akhir kata, saya rekomendasikan kepada Anda yang tertarik untuk membaca buku ini, silakan baca terlebih dahulu buku yang pertama, yaitu Rich Dad Poor Dad karena buku ini sangat related dengan buku kedua, yaitu Rich Dad’s Cashflow Quadrant. Anda dapat membelinya di toko online atau offline Gramedia atau jika Anda ingin membeli versi aslinya silakan beli secara online di link bawah ini.

5. Think & Grow Rich By Napoleon Hill

Buku Think and Grow Rich ini merupakan buku panduan meraih kesuksesan yang memfokuskan pada kekuatan pikiran. Pola pikir memang hal yang utama dimiliki oleh seseorang untuk meraih impian, namun kerja keras dan kegigihan juga dianjurkan Napoleon Hill.  Sebagai buku terjemahan, ada beberapa kata yang kaku dan canggung, sehingga pembaca perlu beberapa kali membaca untuk memahami isi buku tersebut.

Setiap orang menginginkan menjadi kaya dan sukses, berbagai tips menjadi orang sukses telah banyak ditulis.  Salah satu buku panduan menjadi orang kaya terlaris di dunia adalah buku Think and Grow Rich yang ditulis penulis legendaris Napoleon Hill. Buku ini pertama kali diterbitkan pada tahun 1937 dan sampai sekarang buku ini masih menjadi buku yang ampuh dan dicari oleh masyarakat.

Buku Think and Grow Rich menjadi buku sukses terlaris sepanjang masa yang telah terjual lebih dari lima belas juta eksempelar.  Dalam versi revisi oleh Dr Arthur R Pell, disisipkan cerita orang sukses saat ini seperti Bill Gates,  Mary Kay Ash dan Dave Thomas yang telah menerapkan konsep Napoleon Hill dalam meraih kesuksesan.  Ada 13 prinsip sukses dari Napoleon Hill , yang pertama adalah hasrat. Hasrat merupakan langkah pertama yang harus dimiliki oleh sesorang yang ingin sukses. Seperti dicontohkan Edwin C Barnes seorang gelandangan memiliki hasrat yang menggebu untuk menjadi kaya dan bermitra usaha dengan Thomas A Edison.

“Orang wajib menyadari bahwa semua yang berhasil mengumpulkan kekayaan dalam jumlah besar mulai dengan memimpikan, mengharapkan,mengandaikan, menghasratkan dan merencanakan sebelum memperoleh uang mereka “ (hal : 24)

Napoleon memberikan ilustrasi sebagai berikut  apabila menginginkan uang dua ratus juta, maka tetapkan dalam pikiran kita jumlah uang yang diinginkan secara pasti, tanggal pasti untuk mendapatkan, apa yang akan diberikan sebagai ganti uang yang diinginkan,  uraikan secara jelas rencana untuk mengumpulkan uang tersebut, buatlah pernyataan tersebut secara tertulis, bacalah secara keras sebelum dan saat bangun tidur.  Selama membaca pernyataan tersebut lihat dan yakinkan diri kita sudah memiliki uang tersebut.

Prinsip kedua menjadi kaya adalah keyakinan. Keyakinan ini terkait dengan berpikir positif. Seseorang yang menganggap bahwa dirinya ditakdirkan menjadi orang miskin, maka secara tidak langsung akan mempengaruhi alam bawah sadar dan melakukan tindakan-tindakan yang menjadikannya orang miskin. Begitu juga sebaliknya,apabila berpikir dirinya ditakdirkan menjadi orang kaya, maka tindakannya akan mengarah menjadi orang kaya. Kekuatan keyakinan ditunjukan oleh Mahatma Gandhi dari India, Mahatma tidak mempunyai uang, persenjataan , tentara tetapi ia mempunyai kekuasaan.

Ia menciptakan kekuasaan lewat pemahamannya akan asas-asas keyakinan  dan lewat kemampuannya mencangkokkan keyakinan tersebut ke benak dua ratus juta kaumnya (hal:57)

Autosugesti adalah prinsip ketiga menjadi kaya, sugesti diri merupakan media komunikasi antara pikiran sadar dan pikiran bawah sadar. Masih ada prinsip-prinsip lain untuk menjadi kaya yang dibahas oleh Napoleon Hill, antara lain : pengetahuan khusus, imajinasi, perencanaan terorganisasi, keputusan, kegigihan, kekuatan master mind, misteri transmutasi seks, pikiran bawah sadar, otak dan indra keenam.

6. Disruption

Buku karangan Prof Rhenald Kasali ini menerangkan bahwa di masa-masa sekarang ini dunia mengalami disruption atau gangguan karena teknologi informasi dan internet yang semakin berkembang. Dan karenanya akan ada banyak hal yang berubah dan menuntut kita untuk beradaptasi dan mengikuti perkembangan.

Di dalam buku ini, Prof. Rhenald Kasali menjelaskan konsep disruption dalam 5 bagian.

  • Bagian pertama menceritakan bagaimana latar belakang pasar industri telah berubah, karena banyak pemain baru yang sebelumnya tidak pernah terlihat.
  • Bagian kedua membahas tentang perjalanan terciptanya disruption theory dan juga kritik terhadap teori tersebut.
  • Bagian ketiga dan keempat menceritakan tentang sikap yang dapat kita ambil ketika menghadapi perubahan (menyerang/diserang dan mindset).
  • Bagian terakhir menceritakan tentang dampak yang dapat terjadi dalam proses disruption.

Prof. Rhenald Kasali menjelaskan bahwa saat ini kita tengah memasuki suatu akhir jaman yang ditandai dengan adanya perkembangan teknologi informasi. Mereka yang tidak segera menyadari perubahan jaman ini akan terperangkap dalam masa lalu, merasa cemas, dan bersikeras bersikap resisten terhadap perubahan (yang sebenarnya tidak bisa dilawan juga).

Tiap bagian tersebut dijelaskan dengan menggunakan studi kasus yang ada di Indonesia maupun luar negeri. Selain perusahaan start-up yang merupakan pemain baru, contoh-contoh perusahaan yang mencoba melakukan disruption terhadap dirinya sendiri (misalnya Telkom atau Kompas-Gramedia) dipaparkan secara singkat di sini.

Penjelasannya disampaikan dengan bahasa yang tidak terlalu rumit sehingga kita mudah untuk memahaminya, terlebih lagi konsep yang sama juga diulas kembali dalam bab berikutnya. Contoh-contoh yang diberikan juga cukup relevan, meskipun ada bagian yang terasa seperti iklan (IndonesiaX, Kitabisa.com).

Bagi mereka yang bekerja di berbagai industri, terutama mereka yang ada di tingkat middle-upper management, bisa mempersiapkan diri melakukan pengembangan produk dan kebijakan agar siap menghadapi disruption. Namun, mereka yang bukan berada di posisi pengambil keputusan strategis (staf, mahasiswa, dan lainnya) pun tetap dapat memperoleh manfaat dengan membaca buku ini.

Sesekali dalam hidup ini kita akan menjadi saksi perubahan. Dari hal-hal kecil yang mengubah kebiasaan sampai revolusi besar yang diam-diam mematikan suatu peradaban. Seperti kata Stephen Elop (Nokia), Kami tidak melakukan kesalahan apa pun; tiba-tiba kami kalah dan punah. Suatu revolusi kini mengadang jutaan pembangun merek dan pemilik reputasi yang dulu tak tergoyahkan. Seperti Blue Bird yang harus menghadapi gempuran mobil-mobil yang tak terlihat bermerek taksi, tak berpelat nomor kuning, dan tak tampak beroperasi sebagai taksi. Tahu-tahu revolusi ini sudah besar dan mengoreksi kesejahteraan kita. Perusahaan-perusahaan lain menghadapi lawan-lawan yang langsung door-to-door. Kepala-kepala daerah yang cerdas telah menjelajahi gelombang ketiga internet melalui smart city, biochips, dan internet of things.

7. Buku Good to Great

Selama lima tahun melakukan penelitian, Jim Collins dan timnya, setelah menyisir tumpukan data dan ribuan halaman wawancara, menemukan faktor-faktor kunci penentu kehebatan mengapa sejumlah perusahaan berhasil membuat lompatan, sementara yang lainnya gagal.

TEMUAN DARI PENELITIAN GOOD TO GREAT

Temuan-temuan dari studi Good to Great akan mengejutkan banyak pembaca dan memberikan pencerahan bagi hampir setiap bidang strategi dan praktik manajemen. Temuan-temuan ini mencakup:

  • Pemimpin Level 5: Tim peneliti terkejut mendapati jenis kepemimpinan yang dibutuhkan untuk mencapai kejayaan.
  • Konsep Landak (Kesederhanaan di dalam Tiga Lingkaran): Melangkah dari bagus ke hebat menuntut kita melampaui kutukan kompetensi.
  • Kultur Disiplin: Saat Anda menggabungkan kultur disiplin dengan etos kewirausahaan, maka Anda mendapatkan kimiawi ajaib untuk mendapatkan hasil yang hebat.
  • Akselerator Teknologi: Perusahaan bagus-ke-hebat memiliki opini berbeda-beda tentang peran teknologi.
  • Roda gaya dan Kumparan Bencana: Mereka yang meluncurkan program-program perubahan radikal dan restrukturisasi keras hampir pasti akan gagal melakukan lompatan.

Beberapa dari konsep-konsep kunci dalam studi ini, komentar Jim, mematahkan kultur bisnis modern kita dan, terus terang, akan membuat sekalangan orang resah. Mungkin saja, tapi siapa yang bisa mengabaikan temuan-temuan ini?

Demikian rekomendasi dan review buku Best Seller seri motivasi untuk menjadi sukses dari kami, semoga bermanfaat

1 Trackback / Pingback

  1. Bagaimana cara menemukan suatu ide bisnis dan pendekatan dalam merumuskan ide konsep bisnis - Adztekno.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*