5 Web Hosting terbaik 2019, Perbandigan Niagahoster vs Hostinger vs BlueHost HostGator vs Domainesia

5 Web Hosting terbaik 2019

Adztekno.com – Untuk membuat sebuah website baik untuk sekedar membuat blog personal atau mengelola bisnis online dibutuhkan pelayanan Web Hosting yang baik. Ketika kita memilih Web hosting, ada banyak pilihan service provider yang bisa dibandingkan. Dan masing-masing Web Hosing memiliki keunggulan dan kelemahan. Ada yang menawarkan fitur dengan level yang berbeda dari kelas pemula sampai dengan kelas bisnis. Layanan dengan kinerja yang cepat, keamanan, kemudahan penggunaan dan pelayanan CS yang responsif. Selain itu masih ditambah diskon dan promo yang ditawarkan oleh masing-masing provider. Masing-masing provider memberikan harga yang kompetitif dengan fasilitas terbaik.  

Daftar Isi

  1. Pendahuluan
  2. Kriteria Web Hosting Terbaik
  3. WebHosting Pilihan
  4. Kesimpulan. Bagaimana memilih Web Hosting termurah, terbaik untuk Bisnis dan tercepat
  5. Diskon Khusus

Pendahuluan

Memilih Web hosting yang tepat menjadi salah satu kunci keberhasilan bisnis online yang kamu bangun. Pada kali ini adztekno.com akan mengulas tentang:

  1. Bagaimana memilih host yang terbaik
  2. Bagaimana menghemat uang dengan memanfaatkan diskon 

Sebelumnya ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum memilih  Web Hosting:

1. Biasanya harga tidak bohong (istilahnya), maksudnya jika kamu membeli Host dengan harga yang murah biasanya fasilitas yang diberikan juga terbatas. Tergantung untuk kebutuhan Website kamu. Kalau hanya untuk sekedar hobby menulis sebagai blogger tidak masalah ambil yang termurah. Tapi kalau kamu gunakan untuk bisnis online maka kecepatan akan menjadi perhatian. Orang akan meninggalkan websitemu jika terlalu lambat membuka. Faktor keamanan juga penting, semakin websitemu besar maka akan banyak spam ataupun virus yang menyerang. Ruang penyimpanan juga perlu anda fikirkan jika nantinya website anda menjadi besar.

2. Hati-hati dengan trik pricing. Ada beberapa penyedia Web hosting yang memberikan harga murah saat awal register namun harga naik signifikan saat perpanjangan kontrak.

3. Pastikan Provider dapat dipercaya. Pastikan sudah berapa lama mereka berkecimpung di bidang itu, apakah mereka memiliki alamat kontak. Bagaimana pelayanan chat CS mereka.? apakah membantu dan respon cepat?.

Kriteria Web Hosting Terbaik

Untuk menentukan  Web Hosting yang paling baik ada kriteria-kriteria terukur yang bisa ketahui. Web Hosting terbaik biasanya menyediakan kecepatan, keamanan, kemudahan dalam penggunaan, uptime, dan integrasi yang website butuhkan. Selain dari faktor teknis, pemberian diskon perkenalan dan panduan untuk memulai website dengan mudah juga harus dipertimbangkan. Berikut di bawah kriteria Key Performance Indicator yang bisa menjadi acuan bagus tidaknya Web hosting.

  1. Sever Uptime

Mengenai Uptime, merupakan saat dimana situs anda bisa diakses. Agar blog kamu dapat diakses oleh pengunjung setiap saat tanpa down, maka uptime hosting harus tinggi.

Dari International Standard, Ada 4 bagian data center  sesuai dengan kuaitasnya, sbb:

  • Tier 1 Data Center,

99.67 % Uptime,  28.8 jam downtime per tahun

  • Tier 2 Data Center

99.75 % Uptime,  22 jam downtime per tahun

  • Tier 3 Data Center

99.98 % Uptime,  tidak lebih dari 1.6 jam  downtime per tahun

  • Tier 4 Data Center

99,995% Uptime per tahun, 96 jam proteksi pemadaman listrik, 26.3 menit downtime setahun.

Tier 4 merupakan tier yang paling aman dan efficient. Perbedaan utama Tier 4 dengan rangking  di bawahnya adalah complete redundancy, artinya system dan network memiliki duplikat cadangan. Jadi ketika semua komponen aktif mengalami down atau masalah, semuanya masih bisa bekerja.

Pastikan partner hosting situs anda memliki Uptime yang bagus. Ini agar situs anda dapat selalu diakses oleh pengunjung. Minimal standard standard industry adalah 99,95%.

  • Biaya Daftar dan Perpanjangan ( Renewal )

Biaya yang harus kamu perhatikan saat mengambil hosting adalah biaya daftar hosting dan biaya perpanjangan kembali. Biasanya perusahaan penyedia hosting memberikan harga promo pada saat daftar dan mengambil keuntungan saat perpanjangan kembali atau renewal.

  • Fitur yang yang user friendly

Fitur yang penting dimiliki sebuah hosting untuk mempermudah pembuatan dan operasional website adalah sbb:

  1. Control Panel berupa cpanel yang user friendly akan mempermudah anda melakukan banyak hal tanpa perlu bantuan support staff.
  2. Cronjob adalah fitur operasi harian di situs kamu
  3. Auto Script Installer, misalnya Fantastico atau .Softaculous adalah alat untuk otomaitis menginsytall script dari CMS yang kamu inginkan
  4. .htaccess, untuk mengakses fitur keamanan tambahan atau menambah fitur redirect halaman
  5. Server Side Include (SSI) adalah fitur untuk melakukan maintenance situs anda (khususnya jika anda menggunakan file statis). Serta akses FTP untuk  mentransfer file dari hosting ke komputer anda.
  6. Fitur E-Commerce. Untuk membuat toko online dengan kemampuan memproses transksi bisnis menggunakan software shopping cart, maka anda butuh hosting yang support dengan fitur E – commerce. Fitur e-commerce yang dibutuhkan untuk toko online adalah sertifikat SSLdedicated IP, dan proses instalasi software shopping cart yang mudah
  7. Backup Situs. Layanan ini sangat penting jika terjadi sesuatu hal yang tidak diinginkan. Misalnya karena kesalahan teknis atau karena di hack orang lain, sehingga kita perlu mengembalikan database yang sudah di buat. Ada perusahaan hosting yang menyediakan layanan melakukan backup otomatis situs anda secara berkala. Jadi anda tidak perlu risau dan penyedia hosting dapat mengembalikan data dari situs anda secara penuh.
  • Pelayanan life chat 24 jam

Bagus tidaknya webhosting bisa juga diukur dari pelayanan life chatnya. Apakah permasalahan kita selalu direspon dengan cepat atau tidak.

  • Jenis-jenis Server dan kemudahan upgrade.

Untuk kebutuhan membuat blog personal atau website bisni s dengan pengunjung di bawah 40 ribu viewer per bulan kamu bisa menggunakan Shared Hosting. Shared Hosting adalah satu server dibagi untuk beberapa pengguna atau user. Jika situs kamu tumbuh dengan besar sehingga pengunjungnya sebulan lebih dari 40 ribu viewer, maka butuh sumber daya yang lebih besar. Hosting kamu akan di suspend pada Shared hosting jika resources yang digunakan terlalu tinggi. Meskipun promo awalnya ditulis Unlimited, tapi tetap ada batasannya. Untuk itu kamu perlu mempertimbangkan kemudahan upgrade shared hosting ke VPS untuk tambahan power, kapasitas penyimpanan dan fitur keamanan yang lebih tinggi.

Alternatif untuk mengelola website yang memiliki trafik yang tinggi dan resource yang besar adalah menggunakan Cloud hosting. Di Cloud hosting, situs anda tidak hanya di host oleh satu server, melainkan oleh beberapa server dengan kapasitas dan kekuatan server sesuai yang telah anda pilih.

Keuntungan utama dari cloud hosting adalah skalabilitas dan fleksibilitas. Pada saat anda ingin membesarkan kapasitas hosting anda, karena lonjakan traffic misalnya, anda bisa upgrade cloud hosting anda untuk memiliki resources dan power yang lebih besar dengan satu klik. Saat traffic sudah kembali seperti semula Anda bisa kembali down grade paket cloud hosting anda dengan mudah.

  • Add on Domain

Jika anda serius ngeblog dan kedepannya ada rencananya ambil lebih dari satu domain, pastikan mengambil paket Hosting yang bisa dipasang lebih dari satu domain. Dengan fitur add on domain, maka kamu bisa menambahkan domain baru di atas domain yang sudah ada dalam hosting. Jadi kamu cukup beli domain baru dan tidak perlu beli hosting untuk menghemat biaya.

Webhosting Pilihan

Berikut di bawah ini pilihan adztekno.com sebagai Web Hosting terbaik 2019

  1. Niagahoster
  2. Hostinger
  3. BlueHost
  4. HostGator
  5. Domainesia

1. Niagahoster

Niagahoster merupakan webhosting yang berasal dari Indonesia yang memberikan Tier – 4 data center server. Dari hasil riset, aktual uptime dari Niagahoster mendekati 99,99%, yang berarti sangat baik. Begitupula untuk kecepatan Load time termasuk yang tercepat dibandingkan Webhosting lain di Indonesia. Kombinasi dari performa yang baik, keamanan dan harga yang bersaing menjadikan Niagahoster sangat direkomendasikan oleh adztekno.com

Ada 2 tipe Hosting yang ditawarkan Niagahoster: Shared hosting dan Cloud VPS ( Virtual Private hosting). Shared hosting cocok bagi pemula karena mudah dan harga tidak terlalu mahal. VPS cocok untuk developers dan programmer yang memiliki pengetahuan teknikal yang baik, namun harga lebih mahal dari shared hosting.

Untuk kebutuhan membuat blog dan bisnis skala kecil, Niagahoster menawarkan paket personal dengan harga kurang lebih 30.000/bulan, ambil untuk satu tahun sudah mendapatkan fasilitas sbb: Unlimited Disk Space, Unlimited Addon Domain, Instant backup dan mendapatkan gratis 1 domain. Kamu bisa menambahkan dan memasang berapa saja domain ke dalam satu akun hosting ini.

Jika total pengunjung domain kamu sudah lebih dari 40 ribu, disarankan upgrade hosting untuk performa yang lebih stabil. Pilih paket bisnis  dengan biaya 86 ribu/bulan untuk mengakomodasi trafik yang tinggi. Atau jika situs kamu sudah sangat ramai kamu bisa memilih Cloud hosting.  Kelebihan dari Cloud Hosting adalah sbb:

  • Memiliki resource yang besar setara dengan VPS sehingga mampu menampung website dengan trafik yang tinggi.
  • Akses website lebih cepat dengan menggunakan web server tercepat. Mengunakan lebih dari satu koneksi internet dengan kecepatan 10G/s.
  • Otomatis berpindah ketika terjadi gangguan.
  • Full enterprise SSD meningkatkan performa transfer data sehingga akses website semakin cepat.

Untuk Cloud hosting termurah dengan paket Basic di Niagahoster kamu bisa dapatkan dengan harga 150 rb/bln.

Berikut di bawah kelebihan dan kekurangan menggunakan Niagahoster.

  1. Server Niagahoster berada di Indonesia, sehingga kecepatan loading extra lebih cepat. Menurut riset mencapai 573 ms
  2. Stabilitas server yang tinggi, uptime diatas 99,9%
  3. Domain gratis dengan paket Personal, menghemat membeli sebuah domain.
  4. Gratis Unlimited SSL bahkan untuk paket yang termurah
  5. Kemudahan proses setup untuk hosting account. Dan setup Instalasi Worpress.
  6. Admin Panel yang powerful, disediakan oleh CPanel.
  7. Instant Backup, memudahkan untuk mencopy semua data dan me restorenya jika ada sesuatu yang tidak diinginkan.
  8. Respon yang cepat melalui chat, email, Contact form atau bisa lewat telpon. Respon cepat untuk menyelesaikan masalah.
  9. Knowledgebase yang besar.  Tersedia guideline berkaitan dengan hosting
  10. Gratis migrasi pindah Hosting

2. Hostinger

Web Hosting terbaik dari sisi kecepatan. Dari segi harga, meskipun bukan yang termurah namun cukup kompetitif. Hostinger termasuk web hosting dengan waktu loading tercepat  dengan garansi uptime 99,9%.  Kecepatan rata-rata dari US Datacenter diseluruh dunia sangat fantastis.

Fitur untuk membangun website cukup user friendly. Instalasi Worpress hanya dengan satu klik untuk memudahkan memulai blog. Hostinger juga menyediakan Zyro website  builder dengan 1000 an jenis template.

Untuk biaya Hostinger tergolong sangat murah: Harga termurah dengan single domain dibanderol dengan harga $ 0,80 /bulan untuk 48 bulan. Disk space 40 GB.

Fasilitas lain yang diberikan yaitu: gratis sertifikat SSL dan gratis satu domain. 

Berikut ini kelebihan dari Hostinger

  1. Uptime relative tinggi, sekitar di 99,97%
  2. Kecepatan Load time mencapai 369 ms
  3. Garansi 30 hari uang kembali
  4. Multillingual Customer support
  5. Gratis website builder dan nama Domain.
  6. Mudah penggunaan dan instalasi

Kekurangan Hostinger adalah sebagai berikut:

  1. Harus login untuk akses Live Chat
  2. Tidak ada Cpanel
  3. Harus bayar untuk ekstra Domain dan tidak ada gratis SSL
  4. Tidak ada daily backup

3. Bluehost

Bluehost berdiri tahun 1996 dan sekarang telah memiliki staff lebih dari 750 karyawan. Untuk urusan Uptime bisa mencapai 99,99%, yang merupakan terbaik dibandingkan competitior lain. Bluehost merupakan hosting yang direkomendasikan oleh WordPress.org. Memiliki waktu upload yang cepat, 0,4 ms.

Merupakan salah satu Web hosting terbaik yang paling populer di dunia. Dan telah menjadi favorit para Blogger karena menawarkan skema komisi affiliate yang tinggi. Fasilitas yang ditawarkan adalah:

  • Gratis domain
  • Gratis SSL certificates
  • Satu klik instalasi WordPress,
  • Tersedia FTP
  • Pelayanan pelanggan 24 jam
  • Garansi 30 hari uang kembali.

Salah satu kelebihan yang menjadi selling poinnya adalah keamanan dan integrasi dengan Cloudfire – (CDN =Content Delivery Network).  CDN mencegah serangan DDos dan trafik palsu dari berbagai macam sumber. Penggunaan CDN juga dapat menaikan kecepatan. Bluehost juga terdapat fasilitas software MOJO Marketplace. Dapat digunakan untuk kebutuhaan fungsi shooping cart software atau e commerce,mudah  menginstall softwarenya

Kelebihan dari Bluehost adalah sbb:

  1. Harga cukup kompetitif untuk fitur yang ditawarkan cukup lengkap. Paket yang termurah, yaitu Basic dibanderol $3,95/bulan atau sekitar Rp 55.300 per bulan. Mendapatkan hanya 1 domain dan gratis SSL, penyimpanan menggunakan SSD 50 Gb
  2. Reliabilitiy tinggi. Dibuktikan dari uptimenya yang mencapai 99,99%
  3. Tidak ada biaya tambahan.

Kekurangan dari Bluehost adalah

  1. Biaya pembaruan domain lebih tinggi dan relative mahal

4. Hostgator

Hostgator adalah penyedia hosting  yang berpusat di Houston dan sudah banyak dikenal oleh para Blogger. Mereka mungkin salah satu yang terbesar dan tertua dengan  memiliki kurang lebih 9 juta domain. Hostgator merupakan salah satu penyedia hosting dengan harga termurah dengan fasilitas yang cukup lengkap.  Untuk server uptime bisa mencapai 99,98% masih diatas rata-rata industry 99,94%. Kecepatan waktu page loading rata-rata 1007ms. Bukan kecepatan loading bukan yang tercepat tapi masih di atas rata-rata

Proses pembuatan website mudah dengan fungsi drag dan drop yang simple. Kemampuan menambah domain tidak terbatas dalam satu hosting. Mereka juga menawarkan migrasi gratis untuk 30 hari setelah mendaftar. Customer Support  Hostgator memiliki respon time yang sangat baik dengan memberikan layanan 24 jam melalui life chat, email dan phone.

Untuk paket termurah Hatchling plan, single domain dan free SSL di banderol dengan harga $2,75/bulan atau sekitar Rp 38.500/bulan. Babby Plan, sudah Unlimited Domain dengan harga $3,95/bulan. Business Plan, Unlimited domain, gratis SSL Certificate dan ada tambahan dedicated IP dan SEO tools, dibanderol $5,95/bulan

Berikut di bawah  Kelebihan  dari Hostgator adalah sbb:

  1. Kuat dan uptime yang stabil di 99,98%. Ada jaminan garansi uptime tidak di bawah 99,9%
  2. Support yang cukup baik. Hostgator menyediakan sebuah knowledge base, telephon, email dan live chat.
  3. Fitur Site Security yang tersedia
  4. Bebas biaya migrasi site dan cPanel Migration.
  5. Sangat user friendly cocok untuk Blogger pemula

Adapun kekurangannyaadalah sbb:

  1. Page speed tidak terlalu cepat, yaitu sekitar 1007 ms
  2. Adanya extra fees untuk site backup, akses ke Gmail, Malware dan SEO tools
  3. Biaya renewal cenderung melonjak naik dibanding biaya registrasi  

5. Domainesia

Yang terakhir namun tidak kalah bagus adalah Domainesia. Domainesia adalah penyedia domain dan hosting lokal berkantor pusat di DI Yogyakarta di bawah bendera PT Daneva. Mereka berdiri sudah sejak tahun 2009 dan sudah lebih dari 45000 user sampai saat ini. Mendapatkan skor 9.6 dari Hostadvice, Domainesia memberikan kualitas dan fitur yang mumpuni tapi dengan harga yang sangat terjangkau. Ini menjadikan Domainesia sangat cocok bagi semua orang, khususnya bagi blogger pemula.

Server Hosting Domainesia berada di Datacenter Tier – 3 Cyber 1 Jakarta untuk mendukung akses super cepat dengan bandwidth 1 Gbps. Untuk masalah Uptime Domianesia berani mengklaim rata-rata uptime 99,9%. Dari riset yang dilakukan, secara actual actual uptime Domainesia bisa mencapai 99,95%. Rata-rata load time bisa mencapai 574 ms. Ini termasuk Load time yang cukup cepat dibandingkan competitor lain meskipun bukan yang tercepat. Faktor yang bisa meningkatkan kecepatan dan performa website adalah penggunaan SSD yang memiliki kecepatan read/write jauh lebih cepat dari HDD. Selain itu dukungan Cloudflare. Domainesia sudah menggunakan teknologi Clodflare Railgun yang bisa mengkompresi website hingga 99,6 %.

Berikut di bawah kelebihan dan kekurangan Domainesia

  1. Harga Domain yang murah. Domainesia menawarkan harga Domain yang sangat murah dibandingkan dengang competitor lain. Untuk Domain .com hanya dibanderol Rp 99.000/tahun, domain .org Rp 79.000 dan domain .xyz hanya dibanderol seharga Rp 19.000 per tahun.
  2. Harga Web Hosting yang murah. Domainesia menyediakan layanan Web Hosting dengan harga murah namun dengan fasilitas yang sangat baik. Harga termurah yaitu paket personal untuk kebutuhan blog sederhana dibanderol hanya dengan Rp 16 ribu per bulan. Paket personal biasanya cukup untuk blog di bawah 800 viwer per hari. Untuk kebutuhan website bisnis dengan 5.000 viewer per hari, bisa dipilih paket bisnis. Dengan harga 80 ribu per tahun anda sudah bisa mendapatkan SSD, ruang penyimpanan sebesar 6 GB. Ditambah gratis 1 domain, unlimited website dan unlimited subdomain. 
  3. Untuk Web Hosting ada 3 jenis layanan sbb: Web Hosting Internasional, Web Hosting Indonesia (IIX), dan Web Hosting khusus WordPress. Web Hosting Internasional terbagi menjadi 2 jenis yaitu Web Hosting SSD dan Web hosting untuk bisnis. Fitur yang disematkan untuk layanan tersebut sbb:
  • Enterprise-grade SSD
  • Pilihan Lokasi Server
  • MailChannels Spam Filter
  • CloudFlare® Railgun
  • Garansi 99.9% Uptime
  • Backup Harian ke Cloud
  • Anti-virus & Anti-malware
  • Node.js, Python, Ruby, PHP

Hosting WordPress DomaiNesia diklaim mendukung penuh seluruh fitur WordPress yang tersedia. Kebebasan dalam menggunakan Git, WP-CLI, SSH/SFTP, Composer, dan phpMyAdmin. Tersedianya SSL Gratis serta dukungan passionate support 24 jam. Penggunaan plugin, dan tema WordPress yang tak terbatas. Mereka juga memberikan garansi uang kembali 100%, gratis migrasi website, dan bantuan monitor keamanan untuk layanan ini.

DomaiNesia juga memberikan solusi mudah bagi kamu yang ingin menyewa server virtual alias VPS dengan harga yang lebih mahal tapi ruang penyimpanan yang lebih besar. Misalnya yang termurah yang ditawarkan dengan disk space 10Gb dibanderol dengan harga 100 ribu per bulan. Fitur yang ditawarkan sbb:

  • Instant Spin
    1. Native SSD
    2. Enterprise Grade Server
    3. Virtualisasi KVM
    4. Scale dan Resize
    5. Virtual Server Manager
    6. Multiple Linux OS
  • Control Panel. CPanel DomaiNesia sudah terintegrasi dengan layanan WordPress Accelerator yang dapat meningkatkan kinerja website berbasis WordPress. Kemudahan instalasi sertifikat SSL GRATIS dari Let’s Encrypt dan pengaturan akun email danDNS. DomaiNesia juga menawarkan kemudahan instalasi aplikasi Web menggunakan Softaculous. Selain itu mudah dalam memilih versi PHP, setup aplikasi berbasis Node.js, dan juga setup aplikasi berbasis Ruby.
  • Instant Deploy. Hosting DomaiNesia memiliki fitur Instant Deploy. yaitu fitur instalasi Content Management System (CMS) seperti WordPress, Magento, PrestaShop lainnya secara instan. Fitur Instant Deploy ini membantu user dalam membuat website menggunakan Content Management System (CMS) menjadi mudah dan cepat. Segera setelah akun hosting aktif, maka website kamu dapat langsung diakses tanpa harus repot-repot menginstall dan mengupload secara manual. Bila kamu ingin membuat toko online dan membuat website sendiri hanya dengan sekali klik. Kamu bisa menggunakan fitur Instant Deploy ini. Cukup dengan memilih kategori website, pilih hosting dan domain, buat username password lalu website siap digunakan.
  • Keamanan Website. Apakah semua aplikasi web yang terinstall nantinya aman. Semua aplikasi web yang ada di hosting DomaiNesia telah dilengkapi fitur update otomatis. Contohnya seperti Anti-virus, Anti-malware, Patchman, BitNinja Security Protection, serta CloudFlare. Sehingga keamanan pada website selalu terjamin.

Kesimpulan

Dari ulasan diatas dapat ditarik kesimpulan bahwa pemilihan website tergantung pada kebutuhan dari website yang akan kamu rencanakan. Semua ada kelebihan dan kekurangan masing-masing. Jika kamu blogger pemula, bisa dipilih kategori Webhosting dengan harga termurah, tapi kecepatan upload tergolong cepat dan uptime lumayan baik. Rekomendasi kami gunakan Domainesia.

Jika kamu menginginkan performa server yang lebih stabil dan kecepatan sedikit diatas Domainesia, maka kamu bisa memilih NiagaHoster. Dengan uptime mencapai 99,97% dan Load page time 573 ms Niagahoster sangat direkomendasikan menjadi webhosting terbaik. Dengan harga yang sedikit lebih mahal dari Domainesia namun sangat sepadan dengan kualitas yang diberikan.

Hostinger termasuk ke dalam kategori Web Hosting terbaik karena kecepatan dan harga yang relatif terjangkau. Ditunjukkan dengan Performa yang mantap, Uptime mencapai 99.97% dan kecepatan page load di bawah 200 ms. Dengan harga termurah single domain kurang lebih Rp11,5 ribu per bulan. Dan paket Premium dengan harga kurang lebih 36,2 ribu per bulan sudah mendapatkan unlimited parked Domain.

Bluehost memiliki uptime terbaik yang mencapai 99,99% dan Load time yang sangat cepat. Bluehost sangat direkomendasikan sebagai Webhosting terbaik untuk website bisnis. Untuk harga agak sedikit mahal dibanding kompetitor lain namun sangat worthed dengan kualitas yang diberikan.

Alternatif terakhir, bisa gunakan HostGator dengan harga kompetitif, uptime yang sangat tinggi 99,98%, migrasi gratis dan respon yang baik. Namun kekurangannya Load time speed masih di sekitar 1007 ms.

Diskon khusus

Dapatkan diskon 5% setiap pembelian Webhosting NiagaHoster dengan memasukan kode kupon : diskongw

Hosting Unlimited Indonesia
Klik banner di atas untuk ke NiagaHoster kemudian copy paste kode kupon di atas

Dapatkan diskon potongan 20% Hosting selamanya untuk setiap pembelian Webhosting Domainesia berikut di bawah dengan memasukan kode kupon : Potonganhosting

DomaiNesia
Klik banner di atas untuk ke Domainesia kemudian copy paste kode kupon di atas

Demikian ulasan dari kami, semoga bermanfaat..

admin

About the author

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

RSS
Facebook
Facebook
YouTube
PINTEREST
PINTEREST